S1 Mu’amalat

Pendidikan di STAI AL-MUSADDADIYAH GARUT, adalah menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang hukum dan ekonomi Islam.

    1. VISI PROGRAM STUDI

Menjadi penyelengara pendidikan tinggi agama Islam yang berkualitas dan kompetitif; mampu mempersiapkan peserta didik menjadi angggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan ajaran Islam, terutama berkeenaan dengan hukum dan ekonomi Islam secara professional, berwawasan dan berakhlak karimah serta mampu mengembangkan dan mengaplikasikannya dalam dinamika perubahan masyarakat.

    1. MISI  PROGRAM STUDI
      Dalam rangka pencapaian terhadap visi, dirumuskan misi Program Studi sebagai berikut :

      • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menekankan aspek pengkajian, penguasaan, pengembangan hukum dan ekonomi Islam dan penerapannya secara profesional sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakaat.
      • Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mendukung pengkajian hukum, Pengembangan Hukum dan ekonomi Islam dan penerapannya sejalan dengan tingkat dinamika masyarakat.
      • Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik dalam bidang hukum dan ekonomi Islam.
    2. TUJUAN PROGRAM STUDI
      Tujuan Program Studi Mu’amalat sebagai pencapaian terhadap Visi dan Misi Program Studi adalah sebagai berikut :

      • Meningkatkan kualitas Iman dan Taqwa terhadap Allah SWT.
      • Menumbuh kembangkan rasa kesadaran bernegara dan berbangsa.
      • Memiliki pemahaman yang komprehenshif terhadap Ilmu Pengetahuan.
      • Menyiapkan peserta didik menjadi warga masyarakat yang memiliki kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang berwawasan dan berakhlakul Karimah.
      • Menciptakan tenaga ahli di bidang hukum dan ekonomi Islam yang produktif, inovatif, progressif dalam berfikir dan bertindak.
      • Memiliki kemampuan berinteraksi sosial serta bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dalam kehidupan masyarakat.

Tujuan Umum
Membangun Citra diri Program Studi Mu’amalah dan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang hukum dan ekonomi Islam, memiliki integritas moral dan keilmuan, berwawasan luas dalam ilmu pengetahuan dan profesional serta mampu mengembangkan dan mengamalkan ilmunya dalam dinamika perubahan masyarakat.